Google Crome

 

 

Sejarahnya Google Chrome  

Menurut pengalaman saya, Google Chrome ini keuntungannya antara lain: dia memisahkan setiap halaman dengan keseluruhan proses. Misalkan ketika membuka detik.com dan google.com pada tab berbeda, maka akan muncul 2 proses berbeda. Proses yang saya maksud adalah proses pada Task Manager Microsoft Windows. Berbeda dengan Mozilla Firefox, apabila kita membuka lebih dari 1, tetap akan dianggap 1 proses di task manager. Keuntungan dari terpisahnya proses di task manager milik Google Chrome adalah kita bisa mengetahui ukuran memori yang terpakai setiap tab atau setiap halaman. Berbeda dengan Mozilla Firefox yang disatukan prosesnya pada Task Manager sehingga tidak bisa diketahui ukuran memori yang terpakai oleh setiap tab yang dibuka.

Dari Wikipedia Indonesia:
Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sedang dalam pengembangan dan dijadwalkan untuk dirilis tak lama lagi.

Kelebihan :

Beberapa kelemahan google chrome adalah :

• Privasi
Google menyimpan data pencarian pengguna meski informasi tersebut akan di anonimkan.
• Lisensi
Meski sempat mencantumkan term of service yang menyatakan bahwa semua data yang di miliki pengguna beserta hak cipta nya akan di serahkan kepada google tapi jangan khawatir karena pasal ini telah di cabut.
• Celah keamanan
Google chrome memilki fitur download otomatis yang bisa disalah gunakan oleh hacker dan juga terdapat celah yang dapat menyebabkan chrome crash.
• Tak ada extensions
Google chrome versi beta ini, extensions belum di terapkan tidak seperti firefox yang memiliki banyak extensions.
• Bahasa yang tidak baku kemampuan google chrome

 

Kelemahan :
Beberapa senjata yang dimiliki google chrome adalah :
• Tampilan yang tak mengusik
Google chrome akan mengutamakan web dari pada browser yang sedang digunakan.
• Modus penyamaran
Modus ini untuk mengakses website tanpa meninggalkan jejak.
• Aplikasi web
Google chrome akan membuat shortcut web pada dekstop layaknya sebuah aplikasi lokal.
• Pengelolaan memori
Setiap tab yang dibuka memiliki proses yang terpisah sehingga error pada sebuah tab tidak akan menyebabkan semua tab menjadi error.
• Pencarian
Google chrome akan mendekteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di website dan memasukkan website tersebut kedalam daftar pencarian.
• Anti penipuan
Google mempunyai blacklist website yang berbahaya dan juga website penipuan dengan data tersebut google chrome akan menebalkan sebuah nama domain website yang di curigainya.

 

Fitur

Google Chrome kini sudah akan merilis versi terbarunya, pengembangan kali ini banyak memiliki fitur-fitur unggulan yang akan membuat anda lebih nyaman dan aman dalam berselancar di dunia maya.

Berikut ini adalah daftar fitur-fitur unggulan dari Google Chrome 6:

 

1. Default Browser

Google telah mengubah pilihan “Set Google Chrome as my default browser”. Sebelumnya chrome menggunakan pertanyaan ini setelah melakukan instalasi. Tetapi kini pilihan ini tersedia sebelum melakukan download.

2. Chrome StartUp

Google telah membuat menjadi semakin mudah sehingga pengguna dapat langsung menggunakan chrome langsung setelah instalasi. Versi sebelumnya chrome menggunakan banyak waktu untuk mengimport bookmark dan mengatur beberapa setting setelah instalasi.

3. Select the search engine

Chrome versi sebelumnya menggunakan Google sebagai default mesin pencari. Tetapi versi terakhir memberikan akses penuh bagi pengguna untuk memilih mesin pencari favorit mereka. Chrome menyediakan 3 pilihan mesin pencari yaitu Google, Yahoo dan Bing. Pengguna dapat memilih satu diantaranya.

4. 3-in-1 button

Di tempat tombol Go (yang berada di posisi kanan setelah baris URL) kini anda akan melihat icon bintang untuk melakukan bookmark sebuah halaman atau meng-edit bookmark yang ada. Tombol stop telah digabung dengan tombol reload. Selama halaman melakukan loading maka tombol stop akan tetap ditampilkan. Apabila proses load telah selesai, tombol akan berubah secara dinamis menjadi tombol reload/refresh.

5. Home button removed

Tombol home akan dinonaktifkan secara default pada versi beta terbaru. Anda dapat manfaatkan custom start page sebagai home button, cukup buka sebuah tab dan anda akan membuka halaman ‘home’

6. List view mode removed

Google telah menghapus list view mode untuk website paling sering dikunjungi. Kini pengguna dapat melihat website yang paling sering dikunjungi hanya melalui mode thumbnail.

7. History & Downloads

Google telah menambahkan satu klik untuk mengakses list history dan download. Pengguna tidak perlu kesulitan menekan tombol Ctrl+H dan Ctrl+J.

8. Smarter URL Bar

Chrome 6 kini menampilkan konten berbentuk simbol di URL bar ketika anda mulai mengetik. Chrome mencoba mengartikan apa yang anda cari dan akan menawarkan beberapa pilihan – search query, URL, search result di favorit anda atau browsing history. Setiap pilihan ditandai dengan sebuah simbol.

9. Updated Zooming option

Chrome 6 memiliki pilihan zoom in dan zoom out yang lebih halus. Google telah mengurangi hanya menjadi satu tombol properti. Halaman menu telah digabung di Tools menu. Kini pengguna dapat melakukan zoom in dan zoom out hanya dengan melakukan satu kali klik mouse.

10. Cut, Copy anda Paste

Google telah mencoba memaksimalkan dalam mengefektifkan user. Telah ditambahkan shortcut pada banyak pilihan yang sebelumnya pengguna harus mengaksesnya dengan menggunakan shortcut keyboard. Google telah menambahkan pilihan tombol cut, copy dan paste di Chrome 6.

11. Clear Browsing Data

Google 6 telah menambahkan fitur satu kali klik untuk menghapus data browsing. Versi sebelumnya di Chrome memerlukan cukup banyak waktu untuk mengakses fitur ini. Pengguna harus menuju Chrome options, mengarahkan ke ‘Under the Hood’ menu dan klik disana yang terdapat pilihan untuk menghapus data browsing.

Di Chrome 6 terdapat sebuah shortcut yang ditambahkan di pilihan Tools dibawah properties, seperti ditampilkan di gambar. Dan tombol shortcut ‘Shift+Ctrl+Delete’ juga dapat melakukan hal yang sama.

12. Task Manager Link

Google juga menambahkan sebuah link untuk membuka task manager seperti yang lalu dengan mengklik Shift+Esc.

13.Native PDF

Chrome 6 akan menyertakan PDF reader, jadi anda tidak perlu menginstal Acrobat Reader. Juga anda tidak perlu mengkhwatirkan mengenai security update lagi, karena Google akan mengupdate PDF Reader secara otomatis apabila diperlukan.

14. Security Information

Google menghabiskan banyak waktu dalam mengupdate fitur-fitur di Chrome 6. Sebelum URL, pengguna dapat melihat simbol globe yang menyediakan informasi mengenai security/keamanan dari halaman website yang sedang diakses.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s